P3E SUMATERA KLHK SOSIALISASI PERCEPATAN PENCAPAIAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KARIMUN

Sosialisasi dibuka Wakil Bupati Tanjung Balai Karimun H. Anwar Hasyim, S.Ag., M.Si, Ruang Cempaka Putih, kantor Bupati, Kota Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Kamis (09/3/2023).

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala P3ES KLHK, Ibu Puji Iswari S.Hut, M.Si beserta staf, Wakil Bupati Tanjung Balai Karimun, H. Anwar Hasyim, S.Ag., M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanjung Balai Karimun, Rita Agustina, ST.,MT beserta Kepala Dinas terkait dalam kegiatan sosialisasi ini.

Pada kesempatan ini, Wali Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim mengharapkan kepada dinas terkait agar benar-benar mengikuti sosialisasi tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Sampah memang bukan hal yang gampang, artinya bahwa tidak akan berakhir, malah bertambah terus dari tahun ke tahun dan semakin banyak, sehingga perlu menciptakan suatu program sehingga pengelolaan sampah ini bisa kita tangani secara baik, diharapkan tercipta karimun bersih dan sehat. Maka dari itu perlu kerja sama OPD dan stakeholder terkait yg berkatian dengan tupoksinya untuk membangkitkan semangat menjaga lingkungan”, ujarnya.

  1. Anwar juga mengucapkan terima kasih kepada dinas terkait dan seluruh masyrakat yang sudah bekerja sama dengan baik dalam mengelola sampah.

“Adipura merupakan motivasi untuk kita semua masyrarakat karimun, OPD, pihak vertikal perlu melakukan kerja sama yang baik sehingga menghasilkan penilaian adipura di kabupaten karimun, karena pemerintah tidak bisa bekerja tanpa dukungan pihak terkait, maka dari itu kita perlu pertahankan dan menjadikan adipura ini tidak hanya motivasi tetapi juga menjadi beban moral kita bersama, sehingga tahun depan kita mendapatkan kembali adupura yang kita harapkan dari penilaian ini”’, ucapnya

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera, Ibu Puji Iswari S.Hut, M.Si menyampaikan bahwa, kegaiatan sosiasiliasasi ini bukan hanya pemaparan namun menekankan bagaimana bisa memproses serta mempercapat pengelolaan sampah yang ada di Tanjung Balai Karimun melalui pemilahan sampah”.

Memang, saat ini, Tanjung Balai Karimun dalam pengelolaan sampahnya sudah cukup bagus, baik dari segi pengurangan maupun pengelolaan sampah.

Namun untuk lebih efektif dan bisa lebih cepat lagi, maka pihaknya melakukan pendampingan dan akan memberikan strategi serta masukan.

"Sehingga Tanjung Balai Karimun ini bisa mencapai target yang ditetapkan secara nasional yakni dari sisi pengurangan 30% dan penanganan sampah 70% pada tahun 2025," terangnya.

Sementara itu, Kepala DLH Tanjung Balai Karimun, Rita Agustina, MT mengajak OPD, dan camat dan lurah untuk mengajak masyarakat untuk mulai melakukan pemilahan sampah dari rumah dan optimis terhadap penanganan dan pengurangan sampah di Tanjung Balai Karimun akan semakin lebih baik lagi.