HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL (HPSN) 2023

Setiap tanggal 21 Februari, Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sebagai konstelasi perjalanan panjang sistem pengelolaan sampah di Indonesia. Peristiwa pada masa lampau di TPA Leuwigajah, tidak hanya berimplikasi pada shifting perhatian dan fokus ke pengelolaan sampah terintegrasi, namun dampak yang lebih besar terjadi terhadap lingkungan dan ekosistem kehidupan global yaitu perubahan iklim.

Rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 dilaksanakan untuk menguatkan rantai nilai pengelolaan sampah dan mewujudkan pengelolaan sampah menuju emisi net zero. Tema yang ditetapkan pada HPSN 2023 yaitu “ Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Tema HPSN 2023 ditetapkan guna untuk menjawab salah satu permasalahan global perubahan iklim yang telah lama dan menjadi perhatian masyarakat dunia.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Kementerian LHK, Rosa Vivien Ratnawati pada saat bertemu dengan awak media di Jakarta (1/2/2023) menyampaikan bahwa dalam tema ini pihaknya berupaya mentuntaskan persoalan sampah sesuai target pada tahun 2025, melalui Kebijakan Strategis Nasional Peraturan Presiden No. 97 Tahun 2017, yaitu penanganan sampah 70%, dan pengurangan sampah 30%. 

Pengoptimalan seluruh aspek rantai nilai pengelolaan sampah dari hulu ke hilir untuk menguatkan pengelolaan sampah di sumber, mengurangi timbulan sampah ke TPA dan mengurangi timbulan sampah ke TPA dan mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan. Kolaborasi yang sinergis di antara para pemangku kepentingan seperti pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, civil society organization dan komunitas masyrakat diperlukan untuk bekerjasama secara erat dalam menguatkan rantai nilai pengelolaan sampah tersebut dan mewujudkan pengelolaan sampah menuju emisi net zero.

Dalam kesempatan ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun mendukung pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan melaksanakan kegiatan SEDEKAH SAMPAH di Halaman Kantor Bupati. Dalam hal ini seluruh OPD diminta untuk ikut berpartisipasi dan mendukung pelaksaan HPSN tahun 2023 ini.

Seluruh OPD berantusias dalam melaksanakan kegiatan ini dengan membawa sampah terpilah ke stand SEDEKAH SAMPAH yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun. Adapun sampah yang diterima berupa, botol plastik, kertas, dan kardus.

Diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran diri masyarakat untuk memilah sampah dari sumbernya dan membantu memperpanjang usia Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).